Senin, 30 November 2009

Depok Skateboarders : Pacu Adrenalin Diatas Papan Beroda !

Hobi masyarakat belakangan makin beragam. Bukan hanya otomotif yang belakangan booming dan digilai para bikers lokal. Namun hobi bisa juga memompa detak jantung dan memacu adrenalin. Komunitas skateboard asal Depok misalnya. Kelompok yang menamakan diri ‘Depok Skateboarders’ ini tergolong berani walau bisa mendatangkan celaka. Berbahaya? sudah pasti, namun mereka terlihat enjoy saat mengayuh papan beroda empat dan sesekali melompati rintangan besi panjang yang terhampar didepannya. Bukan hanya besi, tangga, trotoar jalan, hingga bangku yang ada di areal taman jadi sarana unjuk kebolehan komunitas ini.

Walau terbilang olahraga ekstrim, namun peminatnya terbilang banyak. Didirikan di Depok Jawa Barat, tahun 2003 silam, Depok Skateboarders memiliki anggota sekitar 20 orang. Komunitas ini rutin berlatih setiap hari mulai pukul 16.00, di areal Margo City, Ozone Area, Depok dan pelataran Universitas Pancasila, Lenteng Agung, Jakarta. “Memang dibutuhkan keberanian untuk olahraga ini. Selain itu kondisi papan skateboard juga harus bagus karena kalau tidak bisa celaka. Selain itu fisik harus fit. Jangan pernah mencoba jika ketiga syarat itu belum dipenuhi,” terang Rico TI, ketua Depok Skateboard saat disambangi di Universitas Pancasila, belum lama ini.

Kemahiran seseorang bermain skateboard menurut Rico sangat tergantung dengan bakat dan skill. Jika berani dan memiliki bakat, dalam rentang waktu sekitar dua bulan seseorang sudah menguasai tehnik permainan skateboard. “Kalau masalah lama atau tidak untuk mahir main skateboard bukan dari lama atau tidaknya berlatih. Tapi tergantung bakat, kemauan besar dan sering mencoba hal-hal baru. Kalau memang bakat, paling tidak dua bulan sudah menguasai olahraga ini,” tambah lelaki gondrong itu. Berbagai tehnik harus dikuasai oleh pemula, seperti Olie, kick flip, combo trick, 360 flip, hard flip dan sebagainya.

Namun sebelum masuk pada tehnik itu, pemula wajib belajar menyeimbangkan badan dengan papan dan memposisikan kaki yang baik dan benar serta tehnik mengayuh skateboard. Hal itu dimaksudkan agar pemula bisa menguasai tehnik dasar bermain skateboard. Walau komunitas ini berdomisili di Depok, namun calon anggota yang berada di luar daerah tetap bisa bergabung. Rico menyebutkan kalau facebook merupakan alat komunikasi dan promosi komunitasnya agar dikenal ke seluruh pelosok. Berminat gabung ? silahkan sambangi pelataran parkir Universitas Pancasila setiap hari pukul 16.00.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar